Rabu, 27 April 2016

Resep Brownies Ala Chanti


Resep Brownies Ala Chanti

Untuk + 15 potong, menggunakan loyang segiempat ukuran 20 x 20 cm

Bahan:
- 2 butir telur, suhu ruang
- 200 gram gula pasir
- 100 gram mentega, suhu ruang 
- 100 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
- 45 gram coklat bubuk
- 175 ml susu cair (dibuat dari 110 ml air + 65 ml susu kental manis)
- Seujung kuku garam, jika menggunakan mentega tawar

Topping:
- Buttercream
- Keju cheddar parut secukupnya

Resep buttercream: 
Kocok jadi satu dengan mikser kecepatan tinggi hingga smooth:
- 100 gram mentega
- 100 gram gula halus
- 1 sendok teh vanila ekstrak (optional)

Cara membuat:

     Siapkan oven, set di suhu 175'C, letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang segi empat ukuran 20 x 20 cm dengan mentega dan taburi tepung, Sisihkan. Anda bisa menggunakan jenis loyang lainnya.


     Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula pasir, menggunakan hand mixer kocok dengan speedrendah hingga bahan tercampur kemudian gunakan speed tinggi hingga telur dan gula mengembang. Tambahkan mentega dan teruskan mengocok hingga mentega tercampur baik. Proses ini tidak memakan waktu lama (1 - 2 menit saja). Matikan mikser.


     Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak langsung diatas adonan telur dan mentega, tuangkan secara bergantian dengan susu cair. Kira-kira bagi masing-masing menjadi 3 tahapan, aduk ringan setiap tahapannya dengan spatula hingga menjadi adonan yang smooth dan tercampur baik. 

     Masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 menit. Lakukan test dengan menusukkan lidi di tengan kue, jika tidak ada adonan yang menempel maka brownies telah matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan sempurna sebelum dioleskan buttercream.

      Jika brownies telah dingin, olesi permukaannya dengan buttercream dan taburi dengan parutan keju cheddar di atasnya. Kue siap dipotong dan santap. Yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar