Selasa, 03 Mei 2016

Brownies

Simple, Lezat, Sekejap


       "Waktu di Jepang, aku pernah coba bikin brownies pakai microwave", kata Tedy. Saya memandangnya setengah tidak percaya. "Sukses"?, tanya saya. "Jadinya bukan brownies, tapi cookies. Keras". Saya tertawa mendengar jawabannya. "Eh, tapi tetap enak kok. Jadi anggap saja aku berhasil bikin cookies tapi gagal bikin brownies", belanya. Yah, walaupun akhirnya brownies Tedy berakhir cookies saya tetap nekat untuk mencoba membuatnya. Adik saya dengan tinggi 189 cm dan berat 100 kg memang hobi makan tetapi bukan hobi masak. Jadi kalau sampai dia nekat membuat brownies pastinya resep kue yang satu ini tidak susah-susah amat dibuat.  

    Saya pun mulai berselancar di internet untuk mencari resep brownies yang simple, lezat dan tentu saja memperoleh rating lima dari para reviewer-nya. Meluncur kesana kemari akhirnya saya terdampar di website Joy of Baking. Bermodalkan resep dan rasa percaya diri yang tinggi bahwa apapun bisa dilakukan asal ada guidance-nya serta tentu saja nekat, saya mulai menggelar bahan-bahan di meja dapur dan mulai bereksperimen. Hasilnya? Untuk ukuran saya, termasuk sukses. Brownies yang saya buat sangat terasa sekali coklatnya, padat, legit dan chewy. Sesuai dengan komentar-komentar reviewer yang ada di website-nya. Komentar teman-teman kantor saya ketika diminta untuk mencicipinya? Enduang bambang, alias enak bo!

      Tipsnya adalah menggunakan coklat blok dan coklat bubuk dengan kualitas yang baik sehingga rasa coklat terasa kuat tetapi tidak pahit. Gunakan oven dengan pemanasan api atas dan bawah. Oven dengan api bawah saja akan membuat brownies tidak mau mengering dan keras. Adonan akan tetap lembek dan meleleh. Bagi yang kemampuan memasaknya minim seperti saya, kue ini bisa menjadi alternatif untuk dicoba. Pas menjadi camilan di sore hari ditemani rintik hujan (again!) dan segelas teh hangat. Pantas menjadi hidangan yang cantik dan lezat untuk disajikan ketika kerabat atau teman datang berkunjung. Simple, lezat dan sekejap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar